Header Ads

"MAAFKAN AKU YAA HUMAIRAH" : ROMANTISME RASULULLAH DENGAN SITI AISYAH


Rumah tangga Rasulullah memang sebaik-baik rumah tangga yang harus kita contoh. Bagaimana Beliau berlaku lembut terhadap istrinya, bagaimana beliau memuliakan istrinya dan bagaimana beliau menjadi imam dalam keluarga.

Sepeninggal Siti Khadijah, Rasulullah menikah lagi dengan Siti Aisyah yang merupakan putri dari sahabat Beliau, Abu Bakar Ash Shiddiq. Siti Aisyah yang cantik luar biasa sehingga Rasulullah memanggilnya "Humairah" yang artinya si kemerah-merahan. Merujuk pada pipi Siti Aisyah yang kemerah-merahan.

RASULULLAH PULANG TERLAMBAT

Suatu saat Rasulullah pulang terlambat. Sudah larut malam, ketika beliau sampai di rumah beliau selepas berdakwah. Ini bukan pertama kalinya. Namun b
iasanya jika terlambat pulang, Beliau selalu membawa oleh-oleh untuk istrinya Aisyah. Tapi kali ini Beliau lupa. Benar-benar lupa.
Khawatir akan istrinya yang menunggunya dan tak enak hati apabila tidak membawa apapun seperti biasanya, akhirnya beliau tidak langsung masuk rumah melainkan memutari rumahnya terlebih dahulu untuk mencari sesuatu yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan.

Di belakang rumah, Beliau menemukan batu yang indah. Batu yang berkilau elok itu Beliau ambil dan Beliau niatkan untuk diberikan kepad istrinya.


Rasulullah melangkah pelan ke depan pintu rumah dan mengetuknya.

"Dakkk dakkk dakkk!!" ketukan Rasulullah menimbulkan suara keras.

Rasulullah lupa bahwa ia sedang menggenggam batu indah tadi, sehingga ketukan pintunya menimbulkan suara nyaring.

DIBENTAK OLEH AISYAH


Aisyah terkaget. Ia menyangka yang mengetuk pintu adalah orang asing, karena biasanya Rasulullah mengetuk pintu hanya menggunakan ujung kuku, "tik tik tik" begitu biasanya bunyi ketukan pintu Rasulullah.


"Siapa kamu? Bertamu malam-malam, mengetuk rumah orang dengan keras!" Aisyah membentak orang di depan pintu rumahnya

"Ini aku Aisyah. Muhammad bin Abdullah, suamimu" jawab orang di depan pintu.

Dan seketika menyesal lah Aisyah. Ia merasa menyesal luar biasa, telah berkata kasar kepada orang di depan pintu yang ternyata adalah suaminya. Suami yang baru pulang yang seharusnya ia sambut dengan baik tapi malah ia bentak-bentak.
Di depan pintu, Rasulullah juga menyesal, telah mengetuk pintu dengan batu yang Beliau bawa dan lupa beliau letakkan terlebih dahulu. Menyesal telah membuat marah istri yang menunggunya pulang malam dan khawatir akan keadaanya.

BERKATA MAAF SECARA BERSAMAAN


Aisyah membuka pintu. Kemudian 
Aisyah dan Rasulullah pun saling berpandangan.
Kata yang pertama kali keluar dari bibir mereka sama dan bersamaan.

"Maaf yaa Humairah" kata Rasulullah bersamaan dengan Aisyah yang berkata "Maaf yaa Rasulullah" dengan penuh rasa penyesalan. Persis bersamaan tanpa jeda waktu.

Aisyah mengambil tangan Rasulullah untuk diciumnya sambil menangis tersedu. Rasulullah juga menyambut merangkul pundak istrinya kemudian mencium kepalanya.

"Maafkan aku Rasulullah. Aku tak tahu bahwa yang diluar itu Engkau." tangis Aisyah.

"Aku yang meminta maaf, yaa Humairah. Aku mengagetkanmu dengan mengetuk pintu keras-keras." sahut Rasulullah.

Mereka pun masuk. Kemudian Rasulullah menyerahkan batu yang dibawanya sebagai buah tangan. Beliau menceritakan bahwa ketika mengetuk pintu tadi, Beliau lupa menaruh batu itu terlebih dahulu.

"Apa ini yaa Rasulullah? Indah sekali" tanya Aisyah dengan senang.

"Ini buah tangan dariku untukmu. Maaf aku hanya membawa ini."

"Mudah-mudahan batu ini lebih langgeng dari kita. Ketika nanti kita sudah terkubur di dalam tanah, semoga batu ini masih ada di permukaan bumi. Menjadi saksi cinta kita" kata Aisyah.

Doa Siti Aisyah menjadi kenyataan. Batu itu masih ada hingga sekarang dan disimpan di museum Kairo, Mesir.

Sumber (Disunting oleh Admin) :
Ceramah K.H. Anwar Zahid di Kepohagung, Tuban



No comments

Powered by Blogger.