Header Ads

JIKA ANDA TERSESAT DI HUTAN, MINTALAH TOLONG MALAIKAT INI

Jika anda adalah seorang pecinta alam atau sering berjalan di dalam hutan, taukah anda bahwa anda bisa meminta tolong kepada malaikat ALLAH yang bertugas menjaga gunung dan pohon?

ALLAH memberikan tugas kepada salah seorang malaikat-NYA supaya mengurusi gunung beserta isinya. Telah dikisahkan tentang keluarnya Rasulullah untuk berdakwah kepada Ibnu Abdi Yalil bin Abdu Kulal, tetapi mereka itu menolak ajakan baginda dengan cara kasar dan menyakitkan.

Maka ketika Rasulullah sedang duduk beristirahat karena lelah, Jibril datang dan berkata :

"Sesungguhnya ALLAH telah mendengar perkataan kaummu kepadamu dan bagaimana cara mereka menolak ajakanmu. ALLAH telah mengutus malaikat penjaga gunung kepadamu agar engkau perintahkan dia menurut apa yang engkau suka."

Kemudian malaikat penjaga gunung itupun datang dan memberi salam kepada baginda sambil berkata :

"Wahai Muhammad, jika engkau suka, aku akan hempaskan dua gunung besar itu kepada mereka."

Terhadap tawaran malaikat penjaga gunung itu, Rasulullah hanya menjawab :

"Bahkan aku berharap agar ALLAH mengeluarkan dari keturunan mereka,  orang yang mau menyembah ALLAH, serta tidak menyekutukan sesuatu dengan-NYA." (H.R. Bukhari).

MEMINTA TOLONG KEPADA MALAIKAT ALLAH

ALLAH menyerahkan urusannya kepada sekelompok malaikat untuk mengurus daun-daun di pepohonan.

Telah disebutkan dalam sebuah riwayat Imam Baihaqi dari Ibnu Hanbal, beliau berkata :

"Aku mengerjakan haji sebanyak lima kali. Dua kali di antaranya naik kendaraan dan tiga kali berjalan kaki. Pada satu kali perjalanan haji, aku pernah tersesat. Waktu itu aku berjalan kaki. Maka aku berkata : "Wahai hamba ALLAH, tunjukkanlah aku jalan!". Aku terus-menerus berkata demikian sehingga aku sampai ke jalan yang dituju.

Yang dimaksudkan dengan 'hamba ALLAH' oleh beliau adalah para malaikat yang mengurus daun-daun di pepohonan, sebagaimana riwayat dari Ibnu Abbas yang dituliskan oleh Imam Baihaqi dalam kitab Syu'abul Iman :

"Sesungguhnya ALLAH azza wa jalla mempunyai malaikat-malaikat selain malaikat Hafazah yang bertugas mencatatkan daun-daun yang jatuh. Maka apabila kamu mendaki di hutan belantara, hendaklah kamu memanggil : Tolonglah wahai hamba ALLAH, semoga ALLAH ta'ala merahmati kamu." (Diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dalam Syu'abul Iman)

Dalam satu riwayat menurut Imam Baihaqi pula, disebutkan :

"Sesungguhnya ALLAH mempunyai malaikat di bumi yang dipanggil malaikat Hafazah. Dia bertugas mencatat daun-daun pohon yang jatuh. Maka apabila kamu sedang berjalan di tempat tinggi di bumi dan tidak ada siapapun yang dapat menolong disitu, maka memanggillah : Ibadallah, aghithunaa, au ainunaa, rahimakumullah (Wahai hamba ALLAH, tolonglah kami, semoga ALLAH merahmati kalian). Sesungguhnya dia akan datang."

Sumber (Dengan disunting oleh Admin) :

Himpunan Kisah-Kisah Malaikat, Muhammad Isa Selamat, cetakan kedua , Darul Nu'man , Kuala Lumpur, 1999.



No comments

Powered by Blogger.