Header Ads

DOA RASULULLAH KETIKA MELIHAT HILAL TANDA AWAL RAMADHAN


Menurut perhitungan ilmu falak, Insyaa ALLAH sabtu besok (27 Mei 2017) kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan yang mulia dimana pada bulan ini ampunan ALLAH dicurahkan kepada seluruh ummat manusia.
 Segala amal ibadah dilipat gandakan pahalanya bahkan nafaspun dinilai sebagai dzikir kepada ALLAH. Di bulan ini juga ada satu perintah agung yang akan dijalankan oleh segenap muslim di seluruh dunia yaitu puasa.
Semasa hidupnya, Rasulullah sangat menantikan kedatangan Ramadhan dan mempersiapkan diri agar bisa maksimal beribadah di bulan Ramadhan. Beliau juga memunajatkan doa-doa tertentu dalam rangka menyambut Ramadhan.
Atas dasar itu, Imam al-Nawawi dalam al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab mensunnahkan membaca doa ketika melihat hilal atau mengetahui tanda awal Ramadhan: 

يستحب أن يدعو عند رؤية الهلال بما رواه طلحة بن عبيد الله رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم كان  إذا رأى الهلال قال اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام ربي وربك الله

“Disunnahkan berdoa ketika melihat hilal sebagaimana dikisahkan Thalhah Ibn ‘Ubaidillah bahwa Nabi SAW saat melihat hilal beliau berkata, ‘Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.”

Hadits di atas diriwayatkan oleh Imam al-Tirmidzi dan masih banyak hadits lain yang menjelaskan do’a Nabi SAW ketika masuk Ramadhan atau melihat hilal.

Berdasarkan hadis tersebut, disunnahkan membaca do’a yang dilafalkan Nabi itu ketika melihat hilal Ramadhan atau setelah diumumkan bulan Ramadhan telah tiba.

Dengan membaca do’a tersebut, harapannya umur kita dipanjang oleh Allah SWT, sehingga dapat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh dalam keadaan beriman dan dikarunia kesehatan. Amin..

Sumber : nu.or.id

No comments

Powered by Blogger.