Header Ads

RAHASIA SUKSES RASULULLAH DALAM BELAJAR AL QURAN


K.H. Arwani Amin Kudus adalah salah satu ulama yang sangat mencintai Al Quran. Kedua orang tua beliau, yakni K.H. Amin Sa’id dan Hj. Wanifah, meskipun tidak hafal Al Quran, namun sangat gemar membaca Al Quran.

Dalam seminggu, mereka bisa khatam satu kali. Ini dilakukan rutin. Hal yang sangat jarang dilakukan orang kebanyakan, bahkan bagi hafidz sekalipun.

Pendidikan ini diterapkan kepada putra putrinya, termasuk Kyai Arwani. Dengan ditambah pendidikan di berbagai Pondok Pesantren, menjadikan Kyai Arwani tumbuh menjadi ulama yang santun, cerdas dan Qurani.

Salah satu diantara karya beliau adalah sebuah kitab tentang seni membaca al Quran yang diberi nama "Faidh al-Barakat fi as-Sabi’a Qira’at".

Kyai Arwani pernah memberikan wejangan kepada santri-santrinya, "Kuncine ngaji Al Quran iku ono telu : ojo nyawang sopo gurune, ora usah isin karo umur lan ora usah isin karo suwene waktu."

Dalam bahasa Indonesia, "Kunci belajar Al Quran itu ada tiga : jangan memandang siapa (status sosial) gurunya, jangan malu sama umur dan jangan malu karena sudah belajar dalam waktu yang lama (tapi belum juga bisa)"

Bukan tanpa dasar, dawuh memang berdasarkan pengalaman Rasulullah selama belajar Al Quran. Dan ini menjadi rahasia suksesnya Rasulullah dalam mempelajari Al Quran.

Kyai Arwani menjelaskan nasehatnya sebagai berikut :

JANGAN MEMANDANG SIAPA (STATUS SOSIAL) GURUNYA


"Ora gelem ngaji Al Quran mergo pangkat gurune luwih ngisor? Gusti Kanjeng Nabi Muhammad iku muride Malaikat Jibril ing babakan wacan Al Quran. Kanjeng Nabi ora isin ngaji Al Quran marang Malaikat Jibril senajan secara pangkat derajate Malaikat Jibril kui luwih ngisor."

(Mengapa tidak mau belajar Al Quran karena pangkat kedudukan gurunya lebih rendah? Gusti Kanjeng Nabi Muhammad itu muridnya Malaikat Jibril dalam hal membaca Al Quran. Tapi Beliau tidak malu belajar kepada Malaikat Jibril meskipun secara derajat Malaikat Jibril itu lebih rendah daripada Rasulullah.)


JANGAN MALU SAMA UMUR

"Males ngaji Al Quran mergo umur wis tua? Gusti Kanjeng Nabi Muhammad iku mulai ngaji Al Quran marang Malaikat Jibril umur 40 tahun."

(Malas belajar Al Quran karena sudah tua? Rasulullah itu mulai belajar Al Quran kepada Malaikat Jibril pada umur 40 tahun.)


JANGAN MALU KARENA SUDAH LAMA BELAJAR (TAPI BELUM JUGA BISA)


"Isin ngaji Al Quran mergo suwe waktune? Kanjeng Nabi ora pernah ngrasa isin ngaji Al Quran marang Malaikat Jibril awit umur 40 tahun tekane 63 tahun."

(Jangan malu belajar Al Quran karena sudah lama belajar tapi tidak bisa-bisa. Rasulullah tidak pernah merasa malu belajar Al Quran kepada Malaikat Jibril mulai umur 40 tahun sampai umur 63 tahun)

Sumber (dengan disunting oleh Admin) :
biografiulama.wordpress.com


No comments

Powered by Blogger.